2013/11/22

Topologi jaringan komputer merupakan dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media komunikasi dan pada akhirnya membentuk jaringan komputer. Ini bisa juga disebut sebagai sebuah tata cara untuk melakukan penghubungan komputer satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk sebuah jaringan.

Pengertian yang selanjutnya adalah suatu gambaran secara fisik dari pola hubungan komponen-komponen jaringan yang mencakup workstation, hub, pengkabelan, dan server.

Jenis-Jenis Topologi Jaringan Komputer


Setelah kita membahas mengenai pengertian topologi jaringan, kini pembahasan kita lanjutkan pada jenis-jenis topologi jaringan itu sendiri. Terdapat empat jenis topologi yaitu Topologi Bus, Topologi Star, Topologi Ring, dan Topologi Mesh.

Melalui penjelasan berikut, anda akan lebih mengetahui mengenai jenis-jenis topologi secara lebih mendetail.

Topologi Jaringan Komputer Bus


Struktur Topologi Bus

Pada topologi bus, anda akan mendapatkan detail berupa komputer yang terhubung melalui sebuah media komunikasi yang menggunakan kawat khusus. Kawat khusus yang digunakan disebut dengan bus biasanya menggunakan kabel yang disebut dengan kabel koaksial. Kemudian, setiap server serta workstation akan disambungkan pada bus dengan menggunakan konektor T atau T-connector.  

  
Di dalam topologi bus, anda juga harus mengetahui bahwa komputer akan terpasang melalui bus dimana ujung bus ditutup dengan terminator. Terminator merupakan sebuah lat yang digunakan untuk menyerap sinyal. Terminator berwujud sebagai Resistor dengan cakupan resistansi khusus sebesar 50 Ohm, jika resistansi yang ada berada dibawah maupun diatas 50 Ohm, maka Server tidak akan mampu bekerja secara maksimal dalam melayani jaringan dengan bak, sehingga sistem akses dari User atau Client bisa menurun kualitasnya.

Cara kerja dari topologi bus

Komputer yang mengirim data juga melampirkan alamat dimana data akan dikirim. Tidak semua komputer yang ada di dalam topologi jaringan bus akan menerima data yang dikirim oleh komputer pengirim tadi. Namun, hanya komputer yang mempunyai kecocokan alamat dengan alamat yang dilampirkan oleh komputer pengirimlah yang mampu menerima data tersebut.

Di dalam sistem kerja topologi jaringan bus, anda akan mendapatkan satu buah komputer yang hanya mampu melakukan pengiriman data. Hal itu berdampak pada tingkat kecepatan komputer yang berkurang jika jumlah komputer terus meningkat.

Keunggulan

  1. Mudah untuk menginstal dan mengkonfigurasi
  2. Murah dalam pengelolaan
  3. Mudah dikembangkan


Kekurangan

  1. Bila salah satu komputer rusak, maka jaringan akan mudah terganggu
  2. Kemacetan dalam pengiriman data akan mudah terganggu apabila tingkatan traffic tinggi
  3. Apabila mengguakan kabel coaxial maka akan membutuhkan repeater pada jarak jaringan yang terlalu jauh
  4. Pengiriman data akan menjadi lambat ketika lalu lintas jaringan yang padat. Hal itu biasanya terjadi ketika jaringan mengalami gangguan yang cukup serius dan tidak adanya user pengontrol
  5. Sulit sekali mencari kesalahan apabila terjadi gangguan teknis karena pada jaringan ini deteksi kesalahan akan begitu kecil.


Topologi Jaringan Komputer Star


Struktur topologi star

Sesuai dengan gambit topologi star, maka anda akan menemukan struktur dimana setiap workstation akan dihubungkan ke sebuah penghubung pusat yang mempunyai sebutan sebagai konsentrator. Setiap workstation tidaklah saling berhubungan dan secara langsung terhubung ke konsentrator tadi. Kondisi ini juga menyebabkan workstation tidak mampu berkomunikasi satu dengan yang lainnya sebelum konsentrator dihidupkan. 


Apa bedanya antara topologi jaringan komputer bus dengan star? Star tampak lebih sederhana dan mempunyai sistem pengkondisian yang lebih mudah karena jaringan hanya terpusat ke satu arah yaitu konsentrator. Kendati demikian, topologi ini menjadikan beban yang dipikul oleh si konsentrator menjadi sangat berat sehingga risiko kerusakan yang mungkin saja terjadi begitu besar.

Cara kerja topologi star

Setiap komputer dalam jaringan bintang berkomunikasi dengan hub sentral yang memberi pesan baik ke semua komputer atau hanya ke komputer tujuan.

Keunggulan

  1. Untuk pemasangan jaringan baru, sistem yang ada pada topologi star juga lebih fleksibel tanpa mempengaruhi jaringan yang sudah ada sebelumnya
  2. Mudah dikeluarkan dan dimodifikasi apabila menginginkan sistem kerja yang jauh lebih maksimal
  3. Pemecahan masalah mudah dilakukan karena sistem jaringan yang sederhana
  4. Jika ada satu koneksi yang terputus, maka salah satu komputer saja yang mengalami gangguan dalam jaringan, karena setiap workstation tidaklah terhubung


Kelemahan

  1. Apabila dihubungkan dalam jaringan yang lebih luas, maka pemakaian kabel akan lebih besar sehingga sangat memboroskan
  2. Collision dapat terjadi apabila pengiriman data dilakukan dalam waktu yang bersamaan
  3. Ketika konsentrator mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan bisa down dan mengalami kegagalan sama dengan konsentrator


Topologi Jaringan Komputer Ring


Struktur topologi ring

Dalam pembentukan jaringan cincin, setiap sentra harus terhubung dalam rangkaian seri dengan komputer lainnya. Ini kemudian akan membentuk sebuah loop tertutup sehingga menyerupai bentuk cincin. Rancangan yang ada di dalam topologi ring mengizinkan setiap sentral untuk mampu berinteraksi dengan baik meskipun jaraknya berjauhan. 


Melalui adanya topologi ring, maka kemampuan switching dapat diperluas ke berbagai arah sehingga lebih fleksibel. Apa keuntungan yang bisa anda peroleh dari teknologi ini? Salah satunya adalah tingkat kerumitan jaringan yang renda karena sistem yang digunakan begitu sederhana.

Cara kerja dari topologi ring

Setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya dalam ring dan masing-masing mengirimkan apa yang diterimanya dari komputer sebelumnya. Pesan yang diarahkan dari satu komputer akan terus menuju ke komputer lainnya. Topologi jenis ini seringkali digunakan pada jaringan yang cukup luas di sebuah kota. Media transisi yang digunakan adalah kabel fiber optic dengan menghubungkan beberapa ISP pusat serta cabang yang ada di dalam sebuah kota.

Keunggulan

  1. Ini merupakan sistem jaringan yang tertib dimana setiap perangkat mempunyai akses token serta dapat disalurkan ke tempat lain
  2. Dapat menghemat kabel
  3. Biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan topologi jaringan lain
  4. Jaringan ini mampu melaksanakan beban yang berat dalam pekerjaan


Kekurangan

  1. Biaya pemasangan yang cukup besar
  2. Kegagalan satu komputer dapat mempengaruhi seluruh jaringan
  3. Jaringan yang tampak kaku sehingga sangat sulit untuk mengembangkan


Topologi Jaringan Komputer Mesh


Struktur topologi mesh

Sebuah jaringan mesh atau topologi jala menggunakan kabel terpisah untuk menghubungkan setiap perangkat ke setiap perangkat lain pada jaringan. Ini merupakan sebuah jaringan dengan pemasangan link diantara semua Node yang ada. Hubungan yang diterapkan pada topologi jaringan ini adalah hubungan sentral secara penuh atau disebut dengan Fully-Connected Mesh yang merupakan sistem kerja jaringan dimana setiap node terhubung secara langsung kepada Node yang lain.


Sedangkan, untuk jumlah link yang harus anda sediakan dalam rangka pembentukan jaringan topologi mesh adalah jumlah Node kemudian dikurang 1. Jadi, sebagai contoh anda mempunyai Node dalam jaringan dengan jumlah 5 Node, maka masing-masing Node harus menymbungkan atau me-link ke 4 Node lain.

Tujuan penggunaan topologi mesh biasanya untuk memastikan bahwa jika ada kerusakan pada satu sistem komputer maka tidak akan mengganggu hubungan jaringan dengan sistem komputer lain.

Keunggulan 

  1. Lebih mudah dalam pemecahan masalah apabila terjadi gangguan dalam jaringan
  2. Deteksi kesalahan pada sistem bisa lebih besar karena jika ada satu link yang rusak maka suatu Node atau station mampu melakukan pencarian kerusakan link yang lain.


Kelemahan 

  1. Sulit untuk menginstal dan memeliharanya
  2. Biaya perawatan yang mahal



Itulah penjelasan mengenai Topologi Jaringan Komputer mulai dari pengertian, cara kerja, hingga kelemahan dan keunggulan setiap jaringan. Semoga membantu.
Bagikan Artikel :